Minggu, 16 Desember 2012

Sumendap Gelar Reses di Mitra Bersama Dinas PU Sulut

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulut, Daerah Pemilihan (Dapil) Minahasa Selatan (Minsel) dan Minahasa Tenggara (Mitra), James Sumendap, kembali menggelar masa resesnya, untuk menyerap aspirasi para konstituennya di Mitra, Jumat (14/12/2012) sore.

Bertempat di Aula Restoran Green Garde (GG) Ratahan, Sumendap menggelar tatap muka dengan ratusan Hukum Tua dan Lurah serta para tokoh masyarakat, termasuk sejumlah pengurus dan kader Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kabupaten Mitra.

Mengawali sambutannya, Sumendap menegaskan bahwa kehadirannya untuk bertatap muka bersama para hukum tua dan tokoh masyarakat Mitra itu, semata-mata karena tugas dan tanggungjawab sebagai wakil rakyat yang fungsinya menyerap aspirasi masyarakat untuk diperjuangkan. Jadi bukan dalam kapasitas sebagai calon bupati Mitra, sebagaimana yang senter diberitakan. “Perlu saya tegaskan bahwa kehadiran saya pada hari ini adalah murni dalam kapasitas sebagai wakil rakyat di DPRD Provinsi Sulut,” tegasnya.

Dalam pemaparannya terkait program yang telah diperjuangkannya di DPRD Sulut, Sumendap mengatakan bahwa selama menjadi anggota DPRD Sulut, pihaknya sudah banyak berbuat untuk Kabupaten Mitra, antara lain menghadirkan sejumlah proyek infra struktur jalan dan air bersih yang dananya bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi.

"Sudah delapan tahun saya menjadi anggota DPRD Sulut, selama itu pula kontribusi dan perjuangan saya untuk kepentingan pembangunan di kabupaten Mitra sudah bisa dirasakan oleh warganya. Oleh karenannya dalam konteks meyerap aspirasi, saya harus sampaikan ini," ungkap tokoh yang kini dipercayakan oleh Persatuan Alumni (PA) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Sulut sebagai Ketua.

Kata Sumendap, aspirasi warga Mitra yang diterimanya pada masa reses beberapa waktu lalu, sudah diwujudkan dan sebagiannya saat ini tengah dalam proses realisasi atau pengerjaan. Anggaran dari proyek-proyek itu merupakan hasir perjuangannya di Provinsi dan Pusat. "Apa yang telah saya lakukan ini adalah wujud kepedulian serta tanggungjawab saya sebagai wakil rakyat dan perjuangan ini tentu tidak hanya berhenti di sini saja, melainkan ada sejumlah proyek berbandrol miliaran rupiah akan diberikan untuk Mitra," tandasnya.

Proyek yang jumlahnya berkisar 123 paket itu, kata Sumendap merupakan bagian dari perjuangannya, baik di tingkat pusat yakni yang ditata dalam APBN serta tingkat provinsi yang APBD Provinsi Sulut. "Yang pasti 2013 Mitra akan kebanjiran proyek APBN dan APBD Provinsi, semuanya diarahkan ke pembangunan infrastruktur jalan dan air bersih serta bantuan pemberdayaan nelayan dan petani. Jumlahnya jika tidak salah ada 123 paket kegiatan," ungkapnya.

Ir Roby Simbar, satu diantara staf Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Sulut, yang mendampingi Sumendap dalam kegiatan reses itu, ikut mengakui dan memberi apresiasi terhadap kerja keras wakil rakyat asal PDI Perjuangan ini. Menurut dia, dari 160 miliar anggaran yang dikelolah oleh Dinas PU untuk 15 Kabupaten Kota se Sulut, 40 miliar diantaranya dialokasikan untuk Kabupaten Mitra. "Saya tahu persis, ini adalah hasil perjuangan pak Sumendap di DPRD Provinsi Sulut," kata Simbar.

Senada dengan itu Ir Reinhard dari Satgas Air Minum Sulut, ikut memaparkan rencana program mereka yang akan masuk Kabupaten Mitra, antara lain masuknya anggaran 24,5 miliar, yang akan digunakan untuk pengembangan fasilitas air bersih di Mitra 2013. Begitu juga Ir Arnold, Staf Dinas PU Sulut, ikut menjelaskan bahwa hasil perjuangan Sumendap, Mitra pada 2013 mendatang bakal dapat paket proyek yang bersumber dari APBD Provinsi.

Usai pemaparan dari pemateri dari Sumendap dan Staf Dinas PU Provinsi itu, dibuka sesi Tanya jawab dengan peserta yang hadir dalam reses itu. Beberapa hukum tua tampak antusias bertanya, terkait rencana masuknya proyek ke desa mereka.



Related Articel:

0 komentar:

Posting Komentar