Selasa, 11 Desember 2012

DPRD Diduduki Ratusan Pendukung Pantow

Ratahan, KOMENTAR - Ratusan pendukung calon Hukumtua Desa Morea Satu, Kecamatan Ratatotok, Regent Pantow, Senin (10/12) kemarin menggelar aksi demo di gedung DPRD Mitra. Di Kelurahan Tosuraya, Ratahan. Kedatangan para pendemo ini untuk membeber dugaan temuan kejanggalan dalam pelaksanaan pemilihan hukumtua (pilhut) tersebut. 
Selain itu tujuan pendemo menduduki gedung DPRD Mitra, untuk menyalurkan aspirasi dan meminta lembaga wakil rakyat Mitra itu menekan Pemkab Mitra untuk melaksanakan pilhut ulang.
Dan ratusan pendemo yang dipimpin langsung Pantow diterima Ketua Komisi A DPRD Mitra Annie Boseke bersama anggotanya. Menariknya, aksi unjuk rasa ratusan warga Desa Morea Satu ini, tidak berhenti hanya di gedung DPRD. Sebab pendemo masih bergerak menuju Kantor Bupati Mitra di Kelurahan Wawali, Ratahan. Disana pendemo sempat melakukan oerasi sebelum akhirnya diterima Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Mitra Drs Desten Katiandagho SH mewakili Bupati Mitra Telly Tjanggulung (T2).

Katiandagho sendiri saat dikonfirmasi harian ini mengatakan, bahwa pelaksanaan pilhut Desa Morea Satu sudah sesuai mekanisme. Yakni sesuai Perda 12 Tahun 2008, tentang pemilihan hukumtua. ‘Seandainya ada dugaan kejanggalan, kenapa tidak dari awal dilaporkan,” ujarnya. Sebab jika dilapor dari awal, pihaknya dapat saja menganulir hasil pilhut tersebut, atau tidak mengikutsertakan calon hukumtua yang terbukti melakukan kecurangan. Namun lanjut Katiandagho, pihaknya mempersilahkan Pantoe melayangkan gugatan ke PTUN.
Dan gugatan tersebut akan menguji keputusan dari pejabat public, yakni Bupati Mitra. “Jadi silahkan saja layangkan gugatan, sebab kami tetap melaksanakan tahapan yang sudah digariskan dalam Perda 12 Tahun 2008,” tegas mantan Kepala BKD Mitra ini.
Diketahui, pilhut Desa Morea Satu, Kecamatan Ratatotok, dimenangkan Halidja Marding (incumbent). Marding berhasil meraup 176 suara dan menang tipis atas rivalnya Reygen Pantow yang hanya meraih 174 suara. Sementara satu calon lain, Jefry Malinggas hanya meraih 141 suara, tegasnya. Turut hadir dalam kegiatan Pilhut ini, selain Kepala BPMPD Drs Desten Kataidangho diwakili Kabid PMD Drs Hersi Tuuk, juga dihadiri Camat Drs Yani Rolos, Kapolsek Ipda Manginsihi dan Danramil Kapten Sonny Manigir.

Sumber



Related Articel:

0 komentar:

Posting Komentar