Selasa, 04 Desember 2012

ODHA di Mitra tercatat ada 4 Orang

Bahaya penularan virus HIV/AIDS di kalangan generasi muda dewasa ini, menjadi fokus perhatian serius seluruh komponen masyarakat dunia, termasuk di Indonesia, di mana melalui instasi kesehatan di setiap tingkatannya, terus giat melakukan langkah proteksi dan penanggulangan.

Dalam kaitan dengan hari AIDS sedunia beberapa pekan lalu, pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), melalui Kepala Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan, Otniel Walentukan, ketika ditanya data jumlah Orang Dengan HIV / AIDS (ODHA) di Kabupaten Mitra mengatakan bahwa hingga saat ini jumlahnya ada empat orang. "Hingga saat ini jumlah ODHA di Mitra berjumlah empat orang," ungkapnya menjawab pertanyaan wartawan.

Keempat ODHA itu kata Walentukan, hingga saat ini terus menjalani proses perawatan ke beberapa klinik VCT yang ada. Mereka cenderung tertutup terkait hal itu dan hanya terbuka dengan orang-orang tertentu. Yang dikuatirkan adalah ketika sang ODHA frustasi, lalu mencari korban baru lewat berbagai cara, terutana hubungan seksual. "Makanya para ODHA itu harus diberi pengertian dan pembinaan yang sebaik-baiknya agar tetap tegar menjalani kehidupannya dan tidak menularkan virus yang ada padanya," ujarnya.

Sebagai upaya antisipasi dan penyadaran kepada seluruh masyarakat, terutama generasi muda, Dinkes bersama instansi terkait seperti Kepolisian dan BKKBN beberapa kali menggelar sosialisasi ke para siswa SMP dan SMA di Mitra. Selain itu juga kepada tokoh agama dan guru. "Karena penanggulangan HIV/AIDS adalah bagian dari program pencapaian MDGIs 2014, maka beragam kegiatan akan dilakukan sebagai upaya proteksi dini, lewat para remaja," imbuhnya.

Namun lagi-lagi karena masalah keterbatasan anggaran, beberapa kegiatan yang telah direncanakan urung dilaksanakan, antara lain kampanye di hari AIDS sedunia, pekan lalu. Untuk itu pihaknya berharap dalam tahun anggaran 2013 kegiatan itu bisa tercover pembiayaannya. "Untuk mendukung pencapaian MDGIs, maka dukungan dana diperlukan dan harapannya di 2013 bisa tertata," pintanya.

Sumber

Related Articel:

0 komentar:

Posting Komentar