Jumat, 23 November 2012

Radiasi di Mars aman bagi Astronot

Permukaan Mars
Harapan bagi Manusia untuk manusia mendarat di planet Mars semakin bertambah. hal ini setelah Curiosity menunjukkan bahwa manusia dapat bertahan hidup dengan tingkat radiasi di mars.
Rover penjelajah Mars, Curiosity, berhasil menemukan bahwa tingkat radiasi di Mars setara dengan radiasi di ISS (Stasiun antariksa internasional). Hal tersebut membuatnya cukup layak ditinggali oleh manusia. Hal tersebut cukup menakjubkan mengingat ketebalan atmosfer Mars hanya satu persen dari yang Bumi miliki.
Namun sayang, Mars tidak memiliki medan magnet seperti yang Bumi miliki. Keberadaan medan magnet dapat menambah lagi lapisan perlindungan dari radiasi.
Rover penjelajah Curiosity berhasil mengukur tingkat radiasi di Mars berkat instrumen Radiation Assessment Detector (RAD). Berdasarkan hasil pantauan RAD tersebut, diketahui bahwa tingkat radiasi di Mars dapat meningkat dan menurun dengan rentang tiga hingga lima persen. Fluktuasi tersebut juga terkait kondisi atmosfer Mars yang ketebalannya juga bisa berubah.
NASA berpendapat data tersebut dapat menjadi pendorong besar pendaratan manusia di Mars. Namun mereka tetap membutuhkan beberapa studi lanjutan. Badai Matahari menjadi salah satu faktor yang harus diperhitungkan karena ketiadaan medan magnet di Mars. Keberadaan medan magnet sangat penting karena dapat menetralisir efek negatif badai matahari.


Related Articel:

0 komentar:

Posting Komentar