Selasa, 27 November 2012

Bagaimana sebuah Rumah di katakan Nyaman??


Rumah nyaman adalah idaman semua keluarga baik keluarga muda sampai keluarga besar yang sudah mempunyai cucu- dan cicit. Beberapa keluarga mengaku belum merasakan rumah yang nyaman walaupun rumah sudah direnovasi berulangkali. Perasaan hati belum tentram dan betah tinggal di rumah sendiri.
Sejatinya mempunyai rumah yang nyaman dapat dicapai oleh siapapun orang baik dari masyarakat miskin sampai kalangan elite. Hal ini dikarenakan rasa nyaman adalah perasaan batin yang dirasakan seseorang ketika berada disebuah rumah. Berarti lebih kepada psikis/batiniah seseorang.
Seseorang bisa merasakan nyaman apabila terjalin rasa menyayangi antar anggora keluarga dirumah. Sehingga seseorang merasa terlindungi didalam rumah tersebut. Bukan hanya terlindung dari panas dan hujan, tetapi merasa ada yang akan melindungi dia dari pihak yang suka menyakiti.
Kita lihat saja anak kecil, dia tidak pernah berkeluh kesah dimanapun dia tinggal. Dia tidak peduli apakah dia tinggal di gubuk reot atau di rumah bertingkat. Baginya kebahagiaan adalah ketika keduaorangtuanya sangat menyeyangi dan melindunginya. Dia akan merasa bahagia jika melihat keduaorang tuanya rukun dan tidak penah berteriak marah baik kepada ibu atau bapaknya maupun kepada dirinya sendiri.
Rumah sehat dan nyaman dari segi arsitektur adalah rumah yang memiliki sirkulasi udara dan pencahayaan alami yang optimal. Akan tetapi hal ini hanya faktor kecil  yang menentukan kita nyaman tinggal disebuah rumah atau tidak. Rumah dengan arsitektur yang baik menjadi semacam faktor pendukung saja. Karena rumah dengan sirkulasi yang baik dan pencahayaan yang baik akan berpengaruh menjaga emosi si penghuni untuk tetap dingin dan tidak cepat melampiaskan kemarahan. Karena jika kemarahan sudah meledak, rumah ber ac 1000 pk - pun akan terasa panas dan membuat kita tidak betah tinggal didalamnya :D



Related Articel:

0 komentar:

Posting Komentar