Selasa, 27 November 2012

Legislator Siap Habiskan Rp 16 M untuk Perjalanan pada Tahun 2013

Upaya fraksi PDIP untuk memangkas perjalanan dinas tahun 2013, nampaknya tak membuahkan hasil. Pasalnya, untuk perjalanan dinas anggota DPRD sendiri tak mampu dipangkas dan rencananya para wakil rakyat akan menghabiskan uang rakyat sekitar Rp 16 miliar.

Pembahasan Ranperda APBD 2013 Komisi I dengan sekretariat DPRD pekan lalu, nampak tak adanya political will dari anggota DPRD sendiri untuk memangkas rencana anggaran perjalanan dinas. Hanya anggota FPDIP, Mikson Tilaar yang sempat mengusulkan agar dana tersebut dipangkas namun kurang mendapat respon termasuk dari anggota komisi I lainnya. Dalam Ranperda APBD 2013, anggaran yang sering mendapat sorotan dari masyarakat ini, tersebar dalam program kegiatan seperti peningkatan kapasitas pimpinan dan anggota dianggarkan Rp 4.360.500.000 kemudian ada juga Rapat dan konsultasi alat kelengkapan dewan senilai Rp 6.575.910.276 dan Rapat dan konsultasi komisi Rp 6.072.627.832.
Nantinya,  agenda perjalanan dinas legislator akan diatur sedemikian rupa dalam Rencana Kerja Tahunan (RKT) setiap komisi dan hal itu akan menjadi alasan sudah teragendakan.

Pengamat politik dan pemerintahan, Taufik Tumbelaka menilai angka belasan miliar untuk perjalanan dinas sangat fantastis dibandingkan dengan kinerja dalam hal tugas pokok dan fungsi yang dijalankan anggota DPRD. “Sudah banyak contoh, masalah aspriasi masyarakat yang tidak tuntas, pembahasan bidang Kesra hanya satu hari, tapi kalau urusan perjalanan dinas, justru jadi nomor satu. Hasil perjalanan dinas juga tak terlalu berdampak bagi masyarakat, jadi biarlah, itu juga (perjalanan dinas) menjadi pekerjaan favorit anggota DPRD, jadi sulit dipangkas apalagi oleh legislator sendiri. Biarlah masyarakat yang akan menilainya,”ucap Tumbelaka.

Sumber




Related Articel:

0 komentar:

Posting Komentar