Kamis, 06 Desember 2012

10 Hukumtua Dilantik Besok

Sedikitnya 10 Hukumtua terpilih di Kabupaten Mitra segera dilantik. Menurut Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Mitra Drs Desten Katiandagho SH, pelantikan 10 Hukumtua terpilih akan dilakukan Kamis (06/12) esok. Pelantikan dilakukan langsung Bupati Mitra Telly Tjanggulung (T2). “Jadi, pelantikan terhadap 10 Hukumtua terpilih sudah dijadwalkan dilaksanakan, Kamis (06/12) esok,” ujar Katiandagho saat dihubungi harian ini via ponselnya, pada Selasa (04/12) kemarin.
Dijelaskan Katiandagho, SK (Surat Keputusan) sudah siap dan tinggal dilakukan pelantikan. Hanya saja bagaimana mekanisme, apakah pelantikan dilakukan serentak atau per kecamatan, masih perlu klarifikasi lanjut dengan Bupati. Namun mengingat waktu yang semakin sempit, kemungkinan pelantikan 10 Hukumtua terpilih ini akan dilakukan serentak dalam satu lokasi. “Mungkin saja akan dilantik di Atrium Kantor Bupati,” ujarnya. 

Ditambahkan Katiandagho, kalau melihat animo masyarakat, mereka menginginkan agar pelantikan hukumtua dilakukan di desa masing-masing. Namun ini tidak mungki dilakukan, mengingat waktu dari Bupati Mitra. Sehingga diputuskan pelantikan 10 Hukumtua terpilih ini dilakukan saja serentak, tegas mantan Kepala BKDD Mitra ini.
Diketahui, sejumlah kalangan mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mitra, tepatnya Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) secepatnya melantik Hukumtua terpilih. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi kekosongan pemerintahan di desa. Sebab ada beberapa hukumtua incumbent sudah mengundurkan diri, dan tidak lagi bersedia menjalankan pemerintahan hingga pelantikan Hukumtua terpilih. “Kami mendengar sudah ada 10 Hukumtua terpilih mengantongi SK, tapi kenapa belum dilantik Bupati,” ujar Ketua LSM Gemma Mitra Vydi Ngantung.
Sementara Kepala BPMPD Mitra menjelaskan, adapun 10 Hukumtua terpilih yang siap dilantik, di antaranya, Desa Wongkay, Kecamatan Ratahan Timur, Desa Kalaid, Desa Banga, Desa Lowatak, Desa Suhuyon, (seluruhnya dari kecamatan Touluaan Selatan), Desa Tolombukan, Kecamatan Pasan, Desa Lobu, Desa Lobu Satu (Kecamatan Touluaan), Desa Basaan Satu, Kecamatan Ratatotok dan Desa Rasi, Kecamatan Pasan.

Sumber 


Related Articel:

0 komentar:

Posting Komentar