Kamis, 06 Desember 2012

2013, 20% APBD Untuk Pendidikan

RATAHAN—Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2013 Kabupaten Mitra, sejak kemarin telah dibahas di tingkat komisi, bersama dengan mitra kerja SKPD di. Poin penting yang menjadi pembahasan di tingkat komisi yakni, alokasi dana pendidikan, yang besarannya harus mencapai 20% dari APBD, berdasarkan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 37 Tahun 2012, tentang Pedoman APBD Tahun Anggaran 2013.

Menurut Ketua Komisi C Felmy Peleng SH, dari pembahasan yang mereka lakukan, untuk anggaran pendidikan jumlahnya berada di kisaran 20%. “Kami sudah bahas dengan Dinas Pendidikan, dan telah sesuai dengan amanat peraturan. Dari komisi akan dibahas lagi di tingkat Banggar,” katanya.

Lebih lanjut menurut Peleng, anggaran tersebut sudah termasuk dengan gaji para guru dan Tunjangan Kinerja Daerah (TKD). “Tapi total keseluruhan ini belum termasuk dana alokasi khusus yang akan didapatkan Mitra. Selain gaji dan TKD, yang lainnya akan diplot untuk pengadaan kebutuhan sekolah-sekolah,” ujar Peleng didampingi anggota Komisi C Lanny Pulusingon dan Kisman Hala.

Sementara itu Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Dikpora), yang dalam pembahasan tersebut diwakili Sekretaris Dinas Fintje Sumeke mengungkapkan, dari Rancangan Kegiatan dan Anggaran yang diusulkan disesuaikan dengan kebutuhan. “Yah tadi pembahasan tadi bisa capai 20 persen,” katanya ketika ditemui setelah pembahasan dengan komisi.

Lebih lanjut menurut Sumeke, rencana kegiatan yang akan dilaksanakan di Dikpora, umumnya akan difokuskan pada SMA dan SMK. “Kita usulkan tahun depan difokuskan pada pendidikan menengah,” lanjutnya.

Related Articel:

0 komentar:

Poskan Komentar