Minggu, 13 Januari 2013

Harga Kopra Menukik

RATAHAN--Para petani kelapa di Minahasa Tenggara (Mitra), saat ini dibuat galau pasalnya selang sebulan terakhir harga kopra di Mitra terus menukik tajam. Salah satu komoditi unggulan andalan Mitra, harga sebelumnya berada dikisaran harga Rp450ribu-Rp600ribu per seratus Kilogram, kini harga beli kopra tinggal Rp230ribu-Rp240ribu. Turunnya harga kopra ini, sangat merugikan para petani. "Yah kita mau bilang apa, kalau turun itu memang biasa tapi ini turunnya terlalu jauh," kata Marten Damongilala petani dari Desa Silian Kota.

Lebih lanjut kata Damongilala, turunnya harga kopra ini sangat merugikan dirinya dan para petani lainnya. "Dengan harga ini kita sudah rugi, karena biaya pemetikan sampai pada pengolahan sampai jadi kopra itu kita sudah rugi," katanya.

Sementara itu Meidi Tumbelaka, petani dari daerah yang sama, mengatakan mereka sampai saat ini, kebingungan lagi harus menjual kopranya dengan harga yang sesuai. "Kita sudah bingung, mau kerja kelapa yang di kebun tapi biaya terlalu tinggi, tidak diolah sayang juga," katanya.

Selain itu Tumbelaka mengungkapkan, kebanyakan para petani kelapa di wilayahnya sudah enggan untuk mengolah kelapa. "Banyak sudah dibiarkan, mungkin untuk menunggu harga kembali normal," ungkapnya.

Related Articel:

0 komentar:

Posting Komentar